Profil Jurusan Administrasi Negara
Sejarah berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Bina Banua Banjarmasin diawali dengan dibukanya Institut Ilmu Administrasi pada tahun 1982 oleh yayasan Pendidikan Bina Banua, ini merupakan cikal bakal dari STIA
Priode 1982-1986
Ketua Jurusan : Drs. Muhyani Rizali
Pada masa ini jurusan administrasi negara mempunyai status terdaftar, karena pada saat itu perguruan tinggi swasta hanya mengenal status terdaftar, diakui dan status disamakan, sehingga pada masa ini mahasiswa yang ingin lulus harus menempuh ujian negara melalui kopertis wialayah VII Surabaya
Priode 1986-1990
Ketua Jurusan : Drs. Firdaus Mansyorie, BSc.
Pada masa ini jurusan administrasi negara mempunyai status terdaftar, karena pada saat itu perguruan tinggi swasta hanya mengenal status terdaftar, diakui dan status disamakan, sehingga pada masa ini mahasiswa yang ingin lulus harus menempuh ujian negara, masih dilakukan oleh kopertis wilayah VII Surabaya
Karena keterbatasan tenaga dosen maka pada tahun 1989, dilakukan penerimaan dosen tetap yayasan, jumlah pelamar 20 orang, sedangkan yang diterima berjumlah 4 orang, yaitu Iswiyati Rahayu, Panggah Haryanto, Singgih Priono dan Rusdiansyah.
Priode 1990-1994
Ketua Jurusan : Dra. Iswiyati Rahayu.
Pada masa ini jurusan administrasi negara mempunyai status terdaftar, karena pada saat itu perguruan tinggi swasta hanya mengenal status terdaftar, diakui dan status disamakan, sehingga pada masa ini mahasiswa yang ingin lulus harus menempuh ujian negara, dalam rangka pembinaan dan pengembangan perguruan tinggi swasta lebih memperlihatkan prestasi kerjanya, maka kopertis Wilayah VII dipecah dengan Kopertis Wilayah XI Kalimantan, ujian negara dilaksanakan oleh Kopertis wilayah XI, sehingga pelaksanaan ujian negara dilakukan oleh Kopertis wilayah XI Kalimantan, oleh karena itu, perguruan tinggi swasta yang ada dikalimantan dibina dan dikembangkan oleh kopertis wilayah XI Kalimantan. Pada masa ini jurusan administrasi negara mendapat tambahan 2 orang dosen, yaitu Irawanto, S.Sos. Drs. M. Akbar
Priode 1994-1998
Ketua jurusan Drs. Singgih Priono, M.Si.
Kepemimpinan pada masa ini sangat kompeten sekali, karena pada era ini jumlah mahasiswa dapat dikatakan melebihi dari daya tampung, karena pada masa ini masih menggunakan ujian negara, sehingga jumlah mahasiswa yang telah melaksanakan ujian skripsi harus menunggu semua mata kuliah ujian Negara lulus.
Sesuai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semua tenaga dosen dituntut untuk dapat mengembangkan diri, sehingga ketua jurusan pada tahun 1995 mengundurkan diri dan melanjutkan studi ke program pasca sarjana universitas Brawijaya. ( Drs. Singgih Priono, Drs. M. Akbar )
Priode 1998-2002
Ketua Jurusan : Drs. Muhammad Jamili.
Priode ini jurusan administrasi negara mempunyai status terakriditasi B, karena pada priode ini seluruh perguruan tinggi swasta diwajibkan untuk mengusulkan akriditasi, pada saat akriditasi pertama mendapat peringkat D, yang kemudian mengusulkan kembali akriditasi dengan hasil peringkat B. sehingga mahasiswa tidak lagi menempuh ujian negara, karena status sudah disamakan dengan perguruan tinggi negeri. Sehingga jumlah mahasiswa turun secara drastis, karena mahasiswa yang telah ujian skripsi langsung bisa ikut yudisium, sedangkan mahasiswa yang terdahulu, terutama yang hanya menunggu ujian negara jumlahnya cukup besar.
Guna pengembagan jurusan dilakukan penambahan dosen tetap yayasan sebanyak 1 orang ( Ade Hermawan. S.Sos)
Untuk meningkat kualitas dosen maka Jurusan kembali mengirim dosen untuk studi lanjut ke program pasca sarjana ( Irawanto, S.Sos. dan Dra. Iswiyati Rahayu. )
Priode 2002-2006
Ketua Jurusan : Drs. Muhammad Jamili.
Priode ini jurusan administrasi negara mempunyai status terakriditasi B, dengan jumlah mahasiswa yang relatif stabil. Terdapat pengembangan status dosen dari dosen tetap yayasan menjadi dosen DPK, karena diangkat menjadi pegawai negeri ( Ade Hermawan, S.Sos)
Priode 2006 – 2010
Ketua Jurusan : Drs. Muhammad Akbar, M.Si
Priode ini jurusan administrasi negara mempunyai peringkat akriditasi B, priode ini jurusan administrasi negara memiliki kerjasama dengan pemerintah daerah kabupaten Banjar, yakni dengan membuka kelas kepala desa yang berasal dari kabupaten banjar, dengan konsentrasi manajemen pembangunan daerah, manajemen sumber daya manusia, kebijakan publik. Masing-masing konsentrasi ini memiliki ciri khas yang tersendiri.
Untuk meningkatkan kualitas dosen maka mengikutsertakan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu Drs. H. Rizalul Gadi, Drs. M. Jamili dan Ade Hermawan. S. Sos. Serta mengirim satu orang dosen untuk mengikuti pendidikan doctor ( Dra. Iswiyati Rahayu, M.Si.) serta menerima dosen baru yang terdiri dari satu orang yang berpendidikan S2 ( H. Bakhtiar, S. Sos. MAP ) dan satu orang yang bependidikan S3 ( Dr. Debora. M.Si)
Priode 2010-2014
Ketua Jurusan : Drs. H. Arifin Zainuddin, BBA. MAP
Sekretaris Jurusan : Nasrullah
Menjadi program studi yang kompetetif dan unggul di tingkat regional Kalimantan sampai dengan tahun 2017
Misi
- Melaksanakan tridharma perguruan tinggi sesuai dengan standar mutu
- Meningkatkan mutu sarana dan prasarana
- Mengaplikasikan sistem penjaminan mutu
- Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak
Priode kepemimpinan Drs. H. Arifin Zainuddin, BBA. MAP yang dibantu dengan Sekretaris Jurusan : Nasrullah, dan staf jurusan yang terdiri dari Widarto, S.Sos. Muhammad Aini, Sos. H. Akhmadiansyah, S.Sos sebagai upaya penyesuaian dengan perkembangan kondisi yang ada pada saat ini dengan konsentrasi Manajemen Pembangunan Daerah, Kebijakan Publik dan manajemen sumber daya manusia. Pada tahun 2011 Drs. H. Arifin Zainuddin, BBA. MAP memasuki usia pensiun dan digantikan oleh Drs. Singgih Priono, M.Si.
Pada priode ini mengusulkan akriditasi sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 2011 dengan hasil peringkat C, kemudian mengusulkan kembali pada tahun 2012 dengan hasil peringkat B, sedangkan konsentrasi ada mengalami perubahan, yaitu konsentrasi kebijakan publik, konsentrasi manajemen pelayanan publik dan manajemen sekolah, perubahan konsentrasi ini disesuaikan dengan keadaan pada saat itu, dengan menghilangkan konsentrasi manejemen pembangunan daerah.
Untuk pengembangan program studi maka melakukan akreditasi dengan nilai C untuk ini terjadi penurunan peringkat akriditasi yang semula nilai B. Dalam upaya menigkatkan pemantapan program studi maka bulan Mei 2013 mengirim berkas dan menghasilkan peningkatan peringkat akriditasi, yakni dengan peringkat B Berdasarkan Direktorat Pendidikan Tinggi yang berdasarkan Surat Keputusan Badan Akriditasi Nasional (BAN) No:240/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013. Akriditasi yang ada sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No : 04 tahun 2013 tentang pemberian tugas belajar dan izin belajar bagi Pegawai Negeri Sipil yang mensyaratkan peringkat Akriditasi B. artinya pegawai yang ingin melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi terutama pada perguruan tinggi swasta disyaratkan harus memiliki akriditadi B.
Konsentrasi manajemen diperuntukkan bagi mahasiswa murni atau belum bekerja yang akan mengabdikan dirinya sebagai pelayanan masyarakat, juga bagi pegawai yang telah berkecimpung dalam pelayanan publik dengan tujuan pelayanan dapat ditingkatkan sehingga mampu memberikan pelayanan yang bersifat prima. Konsentrasi manajemen sekolah bagi mahasiswa murni atau belum bekerja yang akan berkecimpung dalam dunia pendidikan sebagai tenaga kependidikan, juga bagi tenaga kependidikan yang telah mengabdikan diri pada dunia pendidikan, dengan tujuan bahwa tenaga kependidikan dapat memanag pengadministrasian sekolah dengan baik dan benar. Sedangkan Konsentrasi kebijakan publik diperuntukan bagi mahasiswa murni atau belum bekerja yang akan mengabdikan dirinya sebagai pengambil kebijakan atau pegawai yang telah mengabdikan dirinya dalam kebijakan publik, sehingga dalam memformulasikan, melaksanakan dan mengevaluasi hasil kebijakan sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh masyarakat secara umum.
Upaya peningkatan mutu dengan mengirim dosen untuk mengikuti pelatihan penjaminan mutu di Universitas Gajah Mada, Yaitu Drs. Singgih Priono, M.Si. dan Misransyah Akos. SE. M.Si ) dengan harapan hasil pelatihan tersebut dapat diterapkan dalam pengelolaan sistem penjaminan mutu, walaupun dalam program studi belum ada lembaga yang melaksanakan penjaminan mutu, tetapi pada tingkat sekolah tinggi telah menyediakan lembaga penjaminan mutu, yang diketuai oleh Misransyah, Akos, SE. M.Si.
Untuk meningkatkan kualitas dosen, pada tahun 2012 mengirim 2 orang dosen untuk studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi, yakni program Doktor ( Drs. Muhammad Akbar, M.Si. dan Irawanto, S.Sos. M.Si)
Priode tahun 2014-2018
Ketua program studi : Drs. Singgih Priono. M.Si.
Pada saat ini program studi terjadi perubahan nama jurusan dengan program studi, dengan peringkat akriditasi B, kemudian program studi mengadakan peninjauan kurikulum dan peninjauan konsentrasi, dari hasil peninjauan tersebut menghasilkan mengubah konsentrasi manajemen sekolah dengan konsentrasi manajemen asset daerah, sehingga konsentrasi yang ada terdiri dari konsentrasi kebijakan publik, konsentrasi manajemen pelayanan publik, dan konsentrasi manajemen aset daerah.
Program studi juga mencoba mengadakan kerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Tanah laut untuk perkuliahan kepala desa atau sekretaris desa, dengan melakukan penawaran pada pemerintah daerah tersebut
Visi
Menjadi program studi yang kompetetif dan unggul di tingkat regional Kalimantan sampai dengan tahun 2017
Misi
- Melaksnakan tridharma perguruan tinggi sesuai dengan standar mutu
- Meningkatkan mutu sarana dan prasarana
- Mengaplikasikan sistem penjaminan mutu
- Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak
untuk pengembangan dan keadaan yang berkembang maka konsentrasi mengalami perubahan, yaitu :
Konsentrasi Manajemen pelayanan Publik
Konsentrasi Manajemen Aset Daerah
Konsentrasi Kebijakan Publik
Manajemen Pembangunan Desa
Konsentrasi manajemen diperuntukkan bagi mahasiswa murni atau belum bekerja yang akan mengabdikan dirinya sebagai pelayanan masyarakat, juga bagi pegawai yang telah berkecimpung dalam pelayanan publik dengan tujuan pelayanan dapat ditingkatkan sehingga mampu memberikan pelayanan yang bersifat prima. Sedangkan Konsentrasi kebijakan publik diperuntukan bagi mahasiswa murni atau belum bekerja yang akan mengabdikan dirinya sebagai pengambil kebijakan atau pegawai yang telah mengabdikan dirinya dalam kebijakan publik, sehingga dalam memformulasikan, melaksanakan dan mengevaluasi hasil kebijakan sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh masyarakat secara umum. Konsentrasi manajmen aset daerah sangat diperlukan untuk pegawai yang berkecimpung dalam bagian umum atau pengelolaan inventaris daerah dan keuangan, sehingga dapat menata dengan baik aset-aset yang ada pada suatu daerah tertentu, karena aset daerah sangat berhubungan dengan bagian tersebut terutama dalam pembuatan anggaran atau pertanggungjawaban anggaran.
Kompetensi Mata kuliah Administrasi Publik
Profil Lulusan | Kompetensi | Kebijakan Publik | Manajemen Pelayanan publik | Manajemen Sekolah |
Administrator
Peneliti
wirausahawan
|
Utama
1. Mampu untuk memformulasikan kebijakan publik 2. Mampu mengimplementasikan kebijakan publik 3. Mampu mengevaluasi kebijakan publik 4. Mampu melaksanakan srategi pelayanan 5. Mampu mengukur kepuasaan masyarakat 6. Mampu merencanakan dan mengawasi sekolah 7. Mampu mengembangkan model pengembangan sekolah. 8. Menguasai metode probabilitas dan statistic serta penerapannya dalam administrasi publik
|
Formulasi dan Evaluasi Kebijakan publik | Strategi Pelayanan Publik | Perencanaan dan pengawasan sekolah |
Implementasi kebijakan publik | Pengukuran Kepuasaan Publik | Model Pengembangan sekolah | ||
Seminar proposal | Seminar proposal | Seminar proposal | ||
Adm Pembangunan | Adm Pembangunan | Adm Pembangunan | ||
Perencanaan Pembangunan | Perencanaan Pembangunan | Perencanaan Pembangunan | ||
Adm Keuangan | Adm Keuangan | Adm Keuangan | ||
Teori Birokrasi dan etika adm negara | Teori Birokrasi dan etika adm negara | Teori Birokrasi dan etika adm negara | ||
Pengantar Adm Publik | Pengantar Adm Publik | Pengantar Adm Publik | ||
Kebijakan Publik | Kebijakan Publik | Kebijakan Publik | ||
Reformasi Administrasi | Reformasi Administrasi | Reformasi Administrasi | ||
Manajemen Pelayanan Publik | Manajemen Pelayanan Publik | Manajemen Pelayanan Publik | ||
Otonomi Daerah | Otonomi Daerah | Otonomi Daerah | ||
Kepemimpinan | Kepemimpinan | Kepemimpinan | ||
Pend Kewarganegaraan | Pend Kewarganegaraan | Pend Kewarganegaraan | ||
Pend Pancasila | Pend Pancasila | Pend Pancasila | ||
Manajemen pariwisata | Manajemen pariwisata | Manajemen pariwisata | ||
Organisasi dan manajemen | Organisasi dan manajemen | Organisasi dan manajemen | ||
Komunikasi organisasi | Komunikasi organisasi | Komunikasi organisasi | ||
Ekonomi publik | Ekonomi publik | Ekonomi publik | ||
Sistem informasi manajemen | Sistem informasi manajemen | Sistem informasi manajemen | ||
Bahasa Indonesia | Bahasa Indonesia | Bahasa Indonesia | ||
Pendidikan Agama | Pendidikan Agama | Pendidikan Agama | ||
Pengantar Adm & Manaj | Pengantar Adm & Manaj | Pengantar Adm & Manaj | ||
Pengembangan organisasi | Pengembangan organisasi | Pengembangan organisasi | ||
Manajemen SDM | Manajemen SDM | Manajemen SDM | ||
Prilaku Organisasi | Prilaku Organisasi | Prilaku Organisasi | ||
Manajemen Strategik | Manajemen Strategik | Manajemen Strategik | ||
Skripsi | Skripsi | Skripsi | ||
PKO | PKO | PKO | ||
Pendukung
1. Mampu menaganalisis BUMN/D 2. Mampu menganalisis sistem politik Indonesia 3. Mampu mengaplikasikan jiwa kewirausahaan 4. Mampu melakukan pemberdayaan masyarakat 5. Mampu membandingkan sistem administrasi Negara Indonesia dengan sistem administrasi Negara lain. |
Manajemen BUMN/D | Manajemen BUMN/D | Manajemen BUMN/D | |
Metodologi Penelitian | Metodologi Penelitian | Metodologi Penelitian | ||
Sistem politik Indonesia | Sistem politik Indonesia | Sistem politik Indonesia | ||
Manajemen Aset Daerah | Manajemen Aset Daerah | Manajemen Aset Daerah | ||
Sistem Ekonomi Indonesia | Sistem Ekonomi Indonesia | Sistem Ekonomi Indonesia | ||
Manajemen Koperasi | Manajemen Koperasi | Manajemen Koperasi | ||
Ilmu Perband. Adm Neg | Ilmu Perband. Adm Neg | Ilmu Perband. Adm Neg | ||
Manajemen Proyek | Manajemen Proyek | Manajemen Proyek | ||
Peng Ilmu Politik | Peng Ilmu Politik | Peng Ilmu Politik | ||
Sistem Politik Indonesia | Sistem Politik Indonesia | Sistem Politik Indonesia | ||
Statistik | Statistik | Statistik | ||
Filsapat Ilmu | Filsapat Ilmu | Filsapat Ilmu | ||
Sistem Hukum Indonesia | Sistem Hukum Indonesia | Sistem Hukum Indonesia | ||
Pengantar ilmu Ekonomi | Pengantar ilmu Ekonomi | Pengantar ilmu Ekonomi | ||
Pemberdayaan Masyarakat | Pemberdayaan Masyarakat | Pemberdayaan Masyarakat | ||
Manajemen proyek | Manajemen proyek | Manajemen proyek | ||
Kewirausahaan | Kewirausahaan | Kewirausahaan | ||
Adm Pajak & Retribusi | Adm Pajak & Retribusi | Adm Pajak & Retribusi | ||
Lainnya | Komputer I | Komputer I | Komputer I | |
1. Mampu mengoperasikan computer
2. Dapat ber bahasa inggris dengan aktif 3. Mampu menganalisa sistem sosial di Indonesia |
Komputer II | Komputer II | Komputer II | |
Bahasa Inggris II | Bahasa Inggris II | Bahasa Inggris II | ||
Bahasa inggris II | Bahasa inggris II | Bahasa inggris II | ||
Antrososbud Indonesia | Antrososbud Indonesia | Antrososbud Indonesia | ||
Ilmu Alamiah dasar | Ilmu Alamiah dasar | Ilmu Alamiah dasar | ||
Manajemen UKM | Manajemen UKM | Manajemen UKM |
SPESIFIKASI PROGRAM STUDI
ASMINISTRASI PUBLIK /NEGARA
- Perguruan Tinggi : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi
- Pelaksana Proses pembelajaran
Jurusan : Administrasi Publik / Negara
- Program diakreditasi oleh : BAN PT 2000 Dengan Nilai B
04019/Ak-2-III/031/SABISN/X/2000
BAN PT 2006 Dengan Nilai B
08780/Ak-X-SI-005/SABISN/VI/2006
BAN PT 2012 Dengan Nilai C
2012
BAN PT 2013 Dengan Nilai B
240/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013
- Gelar Lulusan : Sarjana Administrasi Publik ( SAP)
- Nama Program Studi : Administrasi Publik / Negara
- Tanggal Penyusunan :
- Tujuan Pendidikan
Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian yang tinggi, memiliki kemampuan kepemimpinan dan etika professional, memiliki kemampuan bekerja atau meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mampu menghadapi situasi yang baru dalam profesinya sebagai sarjana administrasi publik, mempunyai motivasi untuk mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan bidang administrasi, mampu menyelesaikan masalah dengan menerapkan asas administrasi dan pemikiran analistis, dan dapat bekerja sama dalam tingkat lokal, nasional, regional maupun internasional
- Kompetensi lulusan Jurusan Administrasi Publik meliputi 3 bidang keahlian (konsentrasi) sebagai berikut :
- Kompetensi dalam bidang manajemen pembangunan daerah
Menguasai asas manajemen dan administrasi, mampu merencanakan pembangunan daerah, menganalisis pembangunan daerah, melaksanakan pembangunan daerah dan mengevaluasi pembangunan daerah serta memelihara sistem baik secara unit maupun secara keseluruhan, dan kemampuan memanfaatkan teknologi komputer dan informatika untuk mengelola manajemen dan administrasi.
- Kompetensi dalam bidang manajemen sumber daya manusia
Menguasai secara aktip manajemen kompensasi, pengembangan SDM dan menganalisa kinerja SDM, baik sebagai unit yang terpisah maupun merupakan satu kesatuan, menguasai teknik manajemen kompensasi, analisa kinerja dan pengembangan SDM untuk kebutuhan analisis, merancang dan mengembangkan manajemen sumber daya manusia yang effesien dalam mengolah sistem informasi manajemen
- Kompetensi dalam kebijakan publik
Menguasai dalam memformulasikan kebijakan, mengimplementasikan kebijakan, menganalisis kebijakan , dan mengevaluasi dampak kebijakan sesuai dengan tugas dan fungsi, mampu mengolah isu-isu dari suatu isu yang lain menjadi isu lain dengan ciri tertentu, mampu membentuk isu menjadi sistem yang lebih besar yang mampu melakukan pengolahan isu, menguasai asas pengendalian sistem isu yang dinamis, mampu mengoperasikan teknologi telekomunikasi dalam aneka ragam sarana komunikasi modern.
- Kurikulum
Terlampir dari lampiran panduan akademik jurusan administrasi publik
- Peta kurikulum
Lampiran
- Dukungan mahasiswa dalam proses pembelajaran
- Bimbingan kepada mahasiswa barus, bimbingan akademik pengisian KRS, bimbingan praktek organisasi dan bimbingan penyelesaian tugas akhir (skripsi)
- Pelaksanaan tutorial dan assistensi mata kuliah
- Tersedianya perpustakaan/ruang referensi, laboratorium administrasi publik, serta sistem teknologi informasi dan komputasi yang cukup ( Panduan akademik Jurusan Administrasi Publik)
- Kreteria lulusan
Lulusan SMA/SMK/MAN dan lulus dalam ujian seleksi ( panduan masuk STIA Bina Banua)
- Metode Evaluasi dan peningkatan standar proses pembelajaran
Berdasarkan pada panduan akademik jurusan Administrasi Publik
- Evaluasi proses pembelajaran oleh TIM Monitoring Jaminan Mutu Jurusan Administrasi Publik
- Mekanisme umpan balik mahasiswa
- Pengembangan staf dalam bidang ilmu kemampuan mengajar
- Penjaminan mutu akademik internal dilakukan untuk menjamin
- Kepatuhan terhadap kebijakan akademik, standar akademik, peraturan akademik, serta manual mutu akademik
- Kepastian bahwa lulusan memiliki kompetensi sesuai dengan yang ditetapkan
- Kepastian bahwa setiap mahasiswa memiliki pengalaman belajar sesuai dengan program studi
- Relevansi antara program pendidikan, penelitian, dan pengabdian dengan tuntutan masyarakat
- Kreteria kelulusan
- Menyelesaikan beban studi minimu 145 SKS
- Indeks prestasi kumulatif minimum > 2
- Tidak ada nilai E
- Jumlah nilai D tidak lebih dari 0,02 % dari jumlah total SKS dan bukan mata kuliah Metode Penelitian
- Telah menyelesaikan penulisan skripsi dan telah lulus ujian skripsi
Metode Penilaian
- Metode evaluasi meliputi penilaian terhadap pekerjaan rumah, kuis, tugas-tugas, praktek beserta responsi, seminar, ujian tengah semester , ujian akhir semester dan ujian sisipan/susulan ( Ujian susulan paling lambat 1 bulan setelah UAS)
- Indeks prestasi dihitung berdasarkan pembobotan nilai
A = 4 (80,00 – 100) Sangat Memuaskan
B+ = 3,5 (75,00 – 79,99) Memuaskan
B = 3 (70,00 -74,99) Memuaskan
C+ = 2,5 (65,00-69,99) Cukup
C = 2 (60,00-64,99) Cukup
D+ = 1,5 (55,00-59,99) Kurang
D = 1 (50,00-54,99) Kurang
E = 0 (0,00-49,99) Tidak Lulus
- Indikator kualitas dan standar
- Program studi administrasi publik terakriditasi B oleh BAN pada tahun 2000
- Program studi administrasi publik terakriditasi B oleh BAN pada tahun 2006
- Program studi administrasi publik terakriditasi B oleh BAN pada tahun 2002
- Program studi administrasi publik terakriditasi B oleh BAN pada tahun 2013
- Program studi menjalin kerjasama dengan dengan Kantor Imigrasi dalam penelitian kepuasan pengguna jasa
- Program studi menajalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar dengan mengirim Kepala Desa untuk kuliah
- Bea siswa dari BUMN (Bank Tabungan Negara, Bank Mandiri)
- Bea siswa dari Pemerintah (Diknas) PPA, BKM, BBM
- Bea siswa yayasan Supersemar
KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK
- Pengetahuan dan pemahaman ( Konowledge and Understanding)
- Mengerti dan memahami sain dasar dan statistik
- Mengerti dan memahami asas manajemen dan administrasi, mampu merencanakan pembangunan daerah, menganalisis pembangunan daerah, melaksanakan pembangunan daerah dan mengevaluasi pembangunan daerah serta memelihara sistem baik secara unit maupun secara keseluruhan, dan kemampuan memanfaatkan teknologi komputer dan informatika untuk mengelola manajemen dan administrasi.
- Menguasai secara aktip manajemen pelayanan publik, mempunyai prilaku prima dalam pelayanan publik, dan mampu menganlisis kepuasan masyarakat, baik sebagai unit yang terpisah maupun merupakan satu kesatuan, menguasai teknik manajemen kompensasi, analisa kinerja dan pengembangan SDM untuk kebutuhan analisis, merancang dan mengembangkan manajemen sumber daya manusia yang effesien dalam mengolah sistem informasi manajemen sumber daya manusia
- Menguasai dalam manajemen pembangunan desa, melakukan administrasi desa, dan melaksmenakan pembangunan desa, sesuai dengan tugas dan fungsi, mampu mengolah isu-isu dari suatu isu yang lain menjadi isu lain dengan ciri tertentu, mampu membentuk isu menjadi sistem yang lebih besar yang mampu melakukan pengolahan isu, menguasai asas pengendalian sistem isu yang dinamis, mampu mengoperasikan teknologi telekomunikasi dalam aneka ragam sarana komunikasi modern.
- Keterampilan intelektual (intellectual Skill)
- Menguasai penerapan sain dasar (statistik)
- Menguasai perencanaan dan pelaksanaan serta interprestasi bidang administrasi publik
- Menguasai perencanaan sistem (Pembangunan daerah, pelayanan publik) sesuai dengan kebutuhan bidang administrasi publik
- Menguasai cara mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan persoalan-persoalan administrasi publik
- Keterampilan praktis ( Practical Skill)
- Menguasai asas manajemen dan administrasi, mampu merencanakan pembangunan daerah, menganalisis pembangunan daerah, melaksanakan pembangunan daerah dan mengevaluasi pembangunan daerah serta memelihara sistem baik secara unit maupun secara keseluruhan, dan kemampuan memanfaatkan teknologi komputer dan informatika untuk mengelola manajemen dan administrasi.
- Menguasai secara aktip manajemen pelayanan publik, mempunyai prilaku prima dalam pelayanan publik, dan mampu menganlisis kepuasan masyarakat, baik sebagai unit yang terpisah maupun merupakan satu kesatuan, menguasai teknik manajemen kompensasi, analisa kinerja dan pengembangan SDM untuk kebutuhan analisis, merancang dan mengembangkan manajemen sumber daya manusia yang effesien dalam mengolah sistem informasi manajemen sumber daya manusia.
- Menguasai dalam pembangunan desa, melakukan administrasi desa, dan melaksanakan pembangunan desa, sesuai dengan tugas dan fungsi, mampu mengolah isu-isu dari suatu isu yang lain menjadi isu lain dengan ciri tertentu, mampu membentuk isu menjadi sistem yang lebih besar yang mampu melakukan pengolahan isu, menguasai asas pengendalian sistem isu yang dinamis, mampu mengoperasikan teknologi telekomunikasi dalam aneka ragam sarana komunikasi modern.
- Menguasai metode probabilitas dan statistic serta penerapannya dalam administrasi publik
- Keterampilan Managerial dan sikap ( Managerial Skill and attitude )
- Menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral, agama, etika dan tanggungjawab professional
- Mampu berkomuniikasi secara aktif
- Mengerti dampak penyelesaian aministrasi publik dalam konteks masyarakat baik lokal, regional maupun nasional
Mengerti isu-isu administrasi Negara kontemporer
- Mampu memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi ( information and communication technology, ITC)
- Mampu mengembangkan diri dan mampu berfikir secara logis dan analistis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara professional
- Mampu bekerjasama dan menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerja
Catatan
- Kompetensi untuk lulusan program studi administrasi public meliputi kompetensi-kompetensi : A1, A2, A3, A4, B1, B2, B3, B4, C4,C5,D1, D2, D3, D4, D5, D6 dan D7.
- Kompetensi lulusan konsentrasi manajemen pembangunan daerah meliputi seluruh kompetensi item 1 di tambah C1
- Kompetensi lulusan konsentrasi manajemen sumber daya manusia meliputi seluruh kompetensi item 1 di tambah C2
- Kompetensi lulusan konsentrasi kebijakan publik meliputi seluruh kompetensi item 1 di tambah C
PETA KURIKULUM
Kaitan Mata kuliah dengan Kompetensi Program studi Administrasi Publik
No | Mata Kuliah | K O M P T E N S I | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
A1 | A2 | A3 | A4 | B1 | B2 | B3 | B4 | C1 | C2 | C3 | C4 | C5 | D1 | D2 | D3 | D4 | D5 | D6 | D7 | ||||||||||||||||||||
SEMESTER I | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | Pancasila & Kewarganegaraan | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | Bahasa inggris I | v | v | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | Pengantar Ilmu Adm & Manajemen | v | v | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4 | Komputer I | v | v | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
5 | Pengantar ilmu ekonomi | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6 | Pengantar ilmu adm publik | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7 | Filsafat ilmu | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8 | Bahasa Indonesia | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
SEMESTER II | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | Pengantar Ilmu Politik | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | Pemberdayaan Masyarakat | v | v | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | Bahasa Inggris II | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4 | Sistem Hukum Indonesia | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5 | Sistem Ekonomi Indonesia | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6 | Pendidikan Agama | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7 | Antrpologi Sosbud Indonesia | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8 | Aplikasi Komputer II | v | v | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
9 | Ilmu Alamiah dasar | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
SEMESTER III | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | Statistik | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | Organisasi dan Manajemen | v | v | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | MSDM | 3 | v | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4 | Perencanaan Pembangunan | v | v | v | v | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
5 | Manajemen Pariwisata | v | v | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6 | Manajemen Koperasi | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7 | Kebijakan Publik | v | v | v | v | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
SEMESTER IV | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | Administrasi Keuangan | v | v | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | Administrasi Pembangunan | v | v | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | Ilmu Perb. Adm. Publik | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4 | Sistem Politik Indonesia | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5 | Kepemimpinan | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6 | Metode Penelitian | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7 | Sistem Informasi Manajemen | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8 | Manajemen BUMD | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
SEMESTER V | a | b | c | d | |||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | Otonomi Daerah | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | Administrasi Pemerintahan Desa | v | v | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | Manajemen Pertumbuhan Wilayah | v | v | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4 | Manajemen Aset Daerah | v | v | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5 | Prilaku & startegi Pelayanan Prima | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6 | Manajemen Kompensasi | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7 | Adm. Pajak dan retribusi | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8 | Teori dan Prilaku Organisasi | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
9 | Implementasi Kebijakan Publik | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
10 | Manajemen Kinerja SDM | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
11 | v | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
SEMESTER VI | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | Manajemen Pelayanan Publik | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | Manaj perub & pengemb. Organisasi | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | Reformasi Administrasi | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4 | Komunikasi Organisasi | v | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5 | Implementasi Kebijakan Publik | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6 | Manajemen Pembangunan Daerah | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7 | Adm. Pendapatan Daerah | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8 | An. Kinerja Sumber daya Manusia | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
9 | Pengembangan SDM | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
10 | Pengukuran Kepuasan Masyarakat | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
11 | Teori Birokrasi & Etika Adm Publik | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
SEMESTER VII | b | c | d | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | Seminar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | Praktek Kerja Organisasi | V | V | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | Skripsi | V | V | V | V | ||||||||||||||||||||||||||||||||||
KONSENTRASI MANAJEMEN PEMBANGUNAN DESA | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | Administrasi Pemerintahan Desa | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | Pembangunan Desa | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | Pembangunan Daerah | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KONSENTRASI MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | Manaemen Pelayanan Publik | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | Prilaku Pelayanan Prima | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | Pengukuran Kepuasan Masyarakat | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KONSENTRASI KEBIJAKAN PUBLIK | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | Implementasi Kebijakan Publik | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | Evaluasi Dampak Kebijakan Publik | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | Formulasi Kebijakan Publik | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
KONSENTRASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1 | Manajemen Kompensasi | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | Pengembangan SDM | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | Manajemen kinerja SDM | V | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Program studi Administrasi Publik
NO | NAMA DOSEN | NIDN | Mata Kuliah Sertifikasi | Mata kuliah SK Jabatan fungsional | Jabatan Funsional | Tempat Tgl Lahir | No Sertifikasi |
1 | Ade Hermawan. S.Sos. MAP | 0013106901 | Adm Negara | Birokrasi & etika Adm Negara | Lektor Kepala | Jakarta. 13 Oktober 1969 | |
2 | H. Bakhtiar. S.Sos. MAP | 1108096702 | Adm Negara | Organisasi dan manajemen
Komunikasi organisasi Pemerintah daerah |
Ass isten Ahli | Batola, 8 September 1967 | 15111300209832 |
3 | Irawanto. S.Sos. M.Si. | 0008116701 | Adm negara | Sistem Informasi Manajemen
Kebijakan publik Sistem politik indonesia |
Lektor Kepala | Kep Riau, 11 Agustus 1967 |
|
4 | Drs. Muhammad Jamili, MAP | 1104086201 | Adm Negara | Ilmu adm dan manajemen
Organisasi dan manajemen Manajemen pemb daerah |
Lektor | Angkinang HSS 4 Agustus 1962 | |
5 | Drs. Muhammad Akbar, M.Si | 002076702 | Ilmu administrasi | Administrasi Pembangunan
Ilmu alamiah dasar Administrasi perpajakan |
Lektor Kepala | 7 Pebuari 1967 | 11111300207636 |
6 | Drs. H. Rizalul Gadi. MAP | 0002026001 | Adm negara | Pembangunan kelembagaan
Perencanaan pembangunan Pengantar sosiologi |
Lektor Kepala | Rantau, 27 Pebuari 1960 | 08377046141 |
7 | Drs. Singgih Priono. M.Si | 1118126101 | Ilmu administrasi | Ilmu Politik
|
Lektor Kepala | Bintahan 18 Desember 1961 | 111113002105012 |
8 | Drs. H. Arifin Zainuddin, MAP | 1104024601 | Administrasi Negara | Lektor | Barabai, 2 April 1946 |