Adm Publik

Profil Jurusan Administrasi Negara/Publik

Profil Jurusan Administrasi Negara/Publik

Sejarah berdirinya  Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi  (STIA) Bina Banua Banjarmasin diawali dengan dibukanya  Institut Ilmu Administrasi pada tahun 1982  oleh yayasan Pendidikan Bina Banua, ini merupakan cikal bakal dari STIA

Priode 1982-1986

Ketua Jurusan :  Drs. Muhyani Rizali

Pada masa ini jurusan administrasi  negara mempunyai status terdaftar,  karena pada saat itu perguruan tinggi swasta hanya mengenal status terdaftar, diakui  dan status disamakan, sehingga pada masa ini mahasiswa yang ingin lulus harus menempuh ujian negara melalui kopertis wialayah VII Surabaya

Priode 1986-1990

Ketua Jurusan :  Drs. Firdaus Mansyorie, BSc.

Pada masa ini jurusan administrasi  negara mempunyai status terdaftar,  karena pada saat itu perguruan tinggi swasta hanya mengenal status terdaftar, diakui  dan status disamakan, sehingga pada masa ini mahasiswa yang ingin lulus harus menempuh ujian negara, masih dilakukan oleh kopertis wilayah VII Surabaya

Karena keterbatasan tenaga dosen maka pada tahun 1989, dilakukan penerimaan dosen tetap yayasan, jumlah pelamar 20 orang, sedangkan yang diterima berjumlah  4 orang, yaitu Iswiyati Rahayu, Panggah Haryanto, Singgih Priono dan Rusdiansyah.

Priode 1990-1994

Ketua Jurusan : Dra. Iswiyati Rahayu.

Pada masa ini jurusan administrasi  negara mempunyai status terdaftar,  karena pada saat itu perguruan tinggi swasta hanya mengenal status terdaftar, diakui  dan status disamakan, sehingga pada masa ini mahasiswa yang ingin lulus harus menempuh ujian negara, dalam rangka pembinaan dan pengembangan perguruan tinggi swasta lebih memperlihatkan prestasi kerjanya, maka kopertis Wilayah VII dipecah dengan Kopertis Wilayah XI Kalimantan,  ujian negara dilaksanakan oleh Kopertis wilayah XI, sehingga pelaksanaan ujian negara dilakukan oleh Kopertis wilayah XI Kalimantan, oleh karena itu,  perguruan tinggi swasta yang ada dikalimantan dibina  dan dikembangkan oleh kopertis wilayah XI Kalimantan. Pada masa ini jurusan administrasi negara mendapat tambahan 2 orang dosen, yaitu Irawanto, S.Sos. Drs. M. Akbar

Priode 1994-1998

Ketua jurusan Drs. Singgih Priono, M.Si.

Kepemimpinan pada masa ini sangat kompeten sekali, karena pada era ini jumlah mahasiswa dapat dikatakan melebihi dari daya tampung, karena pada masa ini masih menggunakan ujian negara, sehingga jumlah mahasiswa yang telah melaksanakan ujian skripsi harus menunggu semua mata kuliah ujian Negara lulus.

Sesuai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semua tenaga dosen dituntut untuk dapat mengembangkan diri, sehingga ketua jurusan pada tahun 1995 mengundurkan diri dan melanjutkan studi ke program pasca sarjana universitas Brawijaya. ( Drs. Singgih Priono, Drs. M. Akbar )

 

Priode 1998-2002

Ketua Jurusan : Drs. Muhammad  Jamili.

Priode ini jurusan administrasi negara mempunyai status terakriditasi B, karena pada priode ini seluruh perguruan tinggi swasta diwajibkan untuk mengusulkan akriditasi, pada saat  akriditasi pertama mendapat peringkat D, yang kemudian mengusulkan kembali akriditasi dengan hasil peringkat B. sehingga mahasiswa tidak lagi menempuh ujian negara, karena status sudah disamakan dengan perguruan tinggi negeri. Sehingga jumlah mahasiswa turun secara drastis, karena mahasiswa yang telah ujian skripsi langsung bisa ikut yudisium, sedangkan mahasiswa yang terdahulu, terutama yang hanya menunggu ujian negara jumlahnya cukup besar.

Guna pengembagan jurusan dilakukan penambahan dosen tetap yayasan sebanyak 1 orang ( Ade Hermawan. S.Sos)

Untuk meningkat kualitas dosen maka Jurusan kembali mengirim dosen untuk studi lanjut ke program pasca sarjana ( Irawanto, S.Sos. dan Dra. Iswiyati Rahayu. )

Priode 2002-2006

Ketua Jurusan : Drs. Muhammad  Jamili.

Priode ini jurusan administrasi negara mempunyai status terakriditasi B, dengan jumlah mahasiswa yang relatif stabil.  Terdapat pengembangan status dosen dari dosen tetap yayasan menjadi dosen DPK, karena diangkat menjadi pegawai negeri  ( Ade Hermawan, S.Sos)

Priode 2006 – 2010

Ketua Jurusan  : Drs. Muhammad Akbar, M.Si

Priode ini jurusan administrasi negara mempunyai peringkat akriditasi B, priode ini jurusan administrasi negara memiliki kerjasama dengan pemerintah daerah kabupaten Banjar, yakni dengan membuka kelas kepala desa yang berasal dari kabupaten banjar, dengan konsentrasi manajemen pembangunan daerah, manajemen sumber daya manusia, kebijakan publik. Masing-masing konsentrasi ini memiliki ciri khas yang tersendiri.

Untuk meningkatkan kualitas dosen maka mengikutsertakan pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi yaitu Drs. H. Rizalul Gadi, Drs. M. Jamili dan Ade Hermawan. S. Sos. Serta mengirim satu orang dosen untuk mengikuti pendidikan doctor ( Dra. Iswiyati Rahayu, M.Si.) serta menerima dosen baru yang terdiri dari  satu orang yang berpendidikan S2  ( H. Bakhtiar, S. Sos. MAP ) dan satu orang yang bependidikan S3 ( Dr. Debora. M.Si)

Priode 2010-2014

Ketua Jurusan : Drs. H. Arifin Zainuddin, BBA. MAP

Sekretaris Jurusan : Nasrullah

Menjadi program studi yang kompetetif dan unggul di tingkat regional Kalimantan sampai dengan tahun 2017

Misi

  1. Melaksanakan tridharma perguruan tinggi sesuai dengan standar mutu
  2. Meningkatkan mutu sarana dan prasarana
  3. Mengaplikasikan sistem penjaminan mutu
  4. Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak

 

Priode kepemimpinan Drs. H. Arifin Zainuddin, BBA. MAP  yang dibantu dengan Sekretaris Jurusan : Nasrullah, dan staf jurusan yang  terdiri dari Widarto, S.Sos. Muhammad Aini, Sos. H. Akhmadiansyah, S.Sos sebagai upaya penyesuaian dengan perkembangan kondisi yang ada pada saat ini dengan konsentrasi  Manajemen Pembangunan Daerah, Kebijakan Publik dan manajemen sumber daya manusia. Pada tahun 2011 Drs. H. Arifin Zainuddin, BBA. MAP memasuki usia pensiun dan digantikan oleh Drs. Singgih Priono, M.Si.

Pada priode ini mengusulkan akriditasi sebanyak dua kali, yaitu pada tahun 2011 dengan hasil peringkat C, kemudian mengusulkan kembali pada tahun 2012 dengan hasil peringkat B, sedangkan konsentrasi ada mengalami perubahan, yaitu konsentrasi kebijakan publik, konsentrasi manajemen pelayanan publik dan manajemen sekolah, perubahan konsentrasi ini disesuaikan dengan keadaan pada saat itu, dengan menghilangkan konsentrasi manejemen pembangunan daerah.

Untuk pengembangan program studi maka melakukan akreditasi dengan nilai C  untuk  ini terjadi penurunan peringkat akriditasi yang semula nilai B. Dalam upaya menigkatkan pemantapan program studi maka bulan Mei 2013  mengirim berkas dan menghasilkan peningkatan peringkat  akriditasi, yakni dengan peringkat B Berdasarkan Direktorat Pendidikan Tinggi yang berdasarkan Surat Keputusan Badan Akriditasi Nasional (BAN)   No:240/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013. Akriditasi yang ada  sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara  No : 04 tahun 2013 tentang pemberian tugas belajar dan izin belajar bagi Pegawai Negeri Sipil yang mensyaratkan peringkat Akriditasi B. artinya pegawai yang ingin melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi terutama pada perguruan tinggi swasta disyaratkan harus memiliki akriditadi B.

 

Konsentrasi manajemen diperuntukkan bagi mahasiswa murni atau belum bekerja yang akan mengabdikan dirinya sebagai pelayanan masyarakat, juga bagi pegawai yang telah berkecimpung dalam pelayanan publik dengan tujuan pelayanan dapat ditingkatkan sehingga mampu memberikan pelayanan yang bersifat prima. Konsentrasi manajemen sekolah bagi mahasiswa murni atau belum bekerja yang akan berkecimpung dalam dunia pendidikan sebagai tenaga kependidikan, juga bagi tenaga kependidikan yang telah mengabdikan diri pada dunia pendidikan, dengan tujuan bahwa tenaga kependidikan dapat memanag pengadministrasian sekolah dengan baik dan benar. Sedangkan Konsentrasi kebijakan publik diperuntukan bagi mahasiswa murni atau belum bekerja yang akan mengabdikan dirinya sebagai pengambil kebijakan atau pegawai yang telah mengabdikan dirinya dalam kebijakan publik, sehingga dalam memformulasikan, melaksanakan dan mengevaluasi hasil kebijakan sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh masyarakat secara umum.

Upaya peningkatan mutu dengan mengirim dosen untuk mengikuti pelatihan penjaminan mutu di Universitas Gajah Mada,  Yaitu Drs. Singgih Priono, M.Si. dan Misransyah Akos. SE. M.Si ) dengan harapan hasil pelatihan tersebut dapat diterapkan dalam pengelolaan sistem penjaminan mutu, walaupun dalam program studi belum ada lembaga yang melaksanakan penjaminan mutu, tetapi pada tingkat sekolah tinggi telah menyediakan lembaga penjaminan mutu, yang diketuai oleh Misransyah, Akos, SE. M.Si.

Untuk meningkatkan kualitas dosen, pada tahun 2012 mengirim  2 orang dosen untuk studi lanjut ke jenjang yang lebih tinggi, yakni program Doktor ( Drs. Muhammad Akbar, M.Si. dan Irawanto, S.Sos. M.Si)

Priode tahun 2014-2018

Ketua program studi : Drs. Singgih Priono. M.Si.

Pada saat ini program studi  terjadi perubahan nama jurusan dengan program studi, dengan peringkat akriditasi B, kemudian program studi mengadakan peninjauan kurikulum dan peninjauan konsentrasi, dari hasil peninjauan tersebut menghasilkan mengubah konsentrasi manajemen sekolah dengan konsentrasi manajemen asset daerah, sehingga konsentrasi yang ada terdiri dari konsentrasi kebijakan publik, konsentrasi manajemen pelayanan publik, dan konsentrasi manajemen aset daerah.

Program studi  juga mencoba mengadakan kerjasama dengan pemerintah daerah Kabupaten Kapuas dan Kabupaten Tanah laut untuk perkuliahan kepala desa atau sekretaris desa, dengan melakukan penawaran pada pemerintah daerah tersebut

 

 

Visi

Menjadi program studi yang kompetitif dan menghasilakan Administrator yang unggul

Misi

  1. Mengembangkan kegiatan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu administrasi negara
  2. Mengembangkan kurikulum yang relevan dengan bidang ilmu administrasi negara
  3. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang ilmu administrasi negara melalui kegiatan penelitian
  4. Mengembangkan dan memanfaatkan iptek yang relevan dengan ilmu administrasi negara
  5. Meningkatkan kerjasama dalam Tridharma Perguruan Tinggi dengan berbagai pihak

untuk pengembangan dan keadaan yang berkembang maka  konsentrasi mengalami perubahan, yaitu :

Konsentrasi Manajemen pelayanan Publik

Konsentrasi Manajemen Aset Daerah

Konsentrasi Kebijakan Publik

Manajemen Pembangunan Desa

 

Konsentrasi manajemen diperuntukkan bagi mahasiswa murni atau belum bekerja yang akan mengabdikan dirinya sebagai pelayanan masyarakat, juga bagi pegawai yang telah berkecimpung dalam pelayanan publik dengan tujuan pelayanan dapat ditingkatkan sehingga mampu memberikan pelayanan yang bersifat prima. Sedangkan Konsentrasi kebijakan publik diperuntukan bagi mahasiswa murni atau belum bekerja yang akan mengabdikan dirinya sebagai pengambil kebijakan atau pegawai yang telah mengabdikan dirinya dalam kebijakan publik, sehingga dalam memformulasikan, melaksanakan dan mengevaluasi hasil kebijakan sesuai dengan apa yang dikehendaki oleh masyarakat secara umum. Konsentrasi manajmen aset daerah sangat diperlukan untuk pegawai yang berkecimpung dalam bagian umum atau pengelolaan inventaris daerah dan keuangan, sehingga dapat menata dengan baik aset-aset yang ada pada suatu daerah tertentu, karena aset daerah sangat berhubungan dengan bagian  tersebut terutama dalam pembuatan anggaran atau pertanggungjawaban anggaran.

 

Kompetensi Mata kuliah Administrasi Publik

Profil Lulusan Kompetensi Kebijakan Publik Manajemen Pelayanan  publik Manajemen Sekolah
 

Administrator

 

Peneliti

 

wirausahawan

 

Utama

1.    Mampu  untuk  memformulasikan kebijakan publik

2.    Mampu mengimplementasikan kebijakan publik

3.    Mampu mengevaluasi kebijakan publik

4.    Mampu melaksanakan srategi pelayanan

5.    Mampu mengukur kepuasaan masyarakat

6.    Mampu merencanakan dan mengawasi sekolah

7.    Mampu mengembangkan model pengembangan sekolah.

8.    Menguasai metode probabilitas dan statistic serta penerapannya dalam administrasi publik

 

 

 

Formulasi dan Evaluasi Kebijakan publik Strategi Pelayanan Publik Perencanaan dan pengawasan sekolah
Implementasi kebijakan publik Pengukuran Kepuasaan Publik Model Pengembangan sekolah
Seminar proposal Seminar proposal Seminar proposal
Adm Pembangunan Adm Pembangunan Adm Pembangunan
Perencanaan Pembangunan Perencanaan Pembangunan Perencanaan Pembangunan
Adm Keuangan Adm Keuangan Adm Keuangan
Teori Birokrasi dan etika adm negara Teori Birokrasi dan etika adm negara Teori Birokrasi dan etika adm negara
Pengantar Adm Publik Pengantar Adm Publik Pengantar Adm Publik
Kebijakan Publik Kebijakan Publik Kebijakan Publik
Reformasi Administrasi Reformasi Administrasi Reformasi Administrasi
Manajemen Pelayanan Publik Manajemen Pelayanan Publik Manajemen Pelayanan Publik
Otonomi Daerah Otonomi Daerah Otonomi Daerah
Kepemimpinan Kepemimpinan Kepemimpinan
Pend Kewarganegaraan Pend Kewarganegaraan Pend Kewarganegaraan
Pend Pancasila Pend Pancasila Pend Pancasila
Manajemen pariwisata Manajemen pariwisata Manajemen pariwisata
Organisasi dan manajemen Organisasi dan manajemen Organisasi dan manajemen
Komunikasi organisasi Komunikasi organisasi Komunikasi organisasi
Ekonomi publik Ekonomi publik Ekonomi publik
Sistem informasi manajemen Sistem informasi manajemen Sistem informasi manajemen
Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia
Pendidikan Agama Pendidikan Agama Pendidikan Agama
Pengantar Adm & Manaj Pengantar Adm & Manaj Pengantar Adm & Manaj
Pengembangan organisasi Pengembangan organisasi Pengembangan organisasi
Manajemen SDM Manajemen SDM Manajemen SDM
Prilaku Organisasi Prilaku Organisasi Prilaku Organisasi
Manajemen Strategik Manajemen Strategik Manajemen Strategik
Skripsi Skripsi Skripsi
PKO PKO PKO
Pendukung

1.    Mampu menaganalisis BUMN/D

2.    Mampu menganalisis sistem politik Indonesia

3.    Mampu mengaplikasikan jiwa kewirausahaan

4.    Mampu melakukan pemberdayaan masyarakat

5.    Mampu membandingkan sistem administrasi Negara Indonesia dengan sistem administrasi Negara lain.

Manajemen BUMN/D Manajemen BUMN/D Manajemen BUMN/D
Metodologi  Penelitian Metodologi  Penelitian Metodologi  Penelitian
Sistem politik Indonesia Sistem politik Indonesia Sistem politik Indonesia
Manajemen Aset Daerah Manajemen Aset Daerah Manajemen Aset Daerah
Sistem Ekonomi Indonesia Sistem Ekonomi Indonesia Sistem Ekonomi Indonesia
Manajemen Koperasi Manajemen Koperasi Manajemen Koperasi
Ilmu Perband. Adm Neg Ilmu Perband. Adm Neg Ilmu Perband. Adm Neg
Manajemen Proyek Manajemen Proyek Manajemen Proyek
Peng Ilmu Politik Peng Ilmu Politik Peng Ilmu Politik
Sistem Politik Indonesia Sistem Politik Indonesia Sistem Politik Indonesia
Statistik Statistik Statistik
Filsapat Ilmu Filsapat Ilmu Filsapat Ilmu
Sistem Hukum Indonesia Sistem Hukum Indonesia Sistem Hukum Indonesia
Pengantar ilmu Ekonomi Pengantar ilmu Ekonomi Pengantar ilmu Ekonomi
Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Masyarakat
Manajemen proyek Manajemen proyek Manajemen proyek
Kewirausahaan Kewirausahaan Kewirausahaan
Adm Pajak & Retribusi Adm Pajak & Retribusi Adm Pajak & Retribusi
Lainnya Komputer  I Komputer  I Komputer  I
1.    Mampu mengoperasikan computer

2.    Dapat ber bahasa inggris dengan aktif

3.    Mampu menganalisa sistem sosial di Indonesia

Komputer  II Komputer  II Komputer  II
Bahasa Inggris  II Bahasa Inggris  II Bahasa Inggris  II
Bahasa inggris II Bahasa inggris II Bahasa inggris II
Antrososbud Indonesia Antrososbud Indonesia Antrososbud Indonesia
Ilmu Alamiah dasar Ilmu Alamiah dasar Ilmu Alamiah dasar
Manajemen UKM Manajemen UKM Manajemen UKM

 

 

 

 

 

 

 

 

SPESIFIKASI PROGRAM STUDI

ASMINISTRASI PUBLIK /NEGARA

 

  1. Perguruan Tinggi : Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi
  2. Pelaksana Proses pembelajaran

Jurusan                                                       : Administrasi Publik / Negara

  1. Program diakreditasi oleh                  : BAN PT 2000 Dengan Nilai B

04019/Ak-2-III/031/SABISN/X/2000

BAN PT 2006 Dengan Nilai  B

08780/Ak-X-SI-005/SABISN/VI/2006

BAN PT 2012 Dengan Nilai  C

2012

BAN PT 2013 Dengan Nilai  B

240/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/XI/2013

  1. Gelar Lulusan                                          : Sarjana Administrasi Publik ( SAP)
  2. Nama Program Studi : Administrasi Publik / Negara
  3. Tanggal Penyusunan :
  4. Tujuan Pendidikan

Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas kepribadian yang tinggi, memiliki kemampuan kepemimpinan dan etika professional, memiliki kemampuan bekerja atau meneruskan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mampu menghadapi situasi yang baru dalam profesinya sebagai sarjana administrasi publik, mempunyai motivasi  untuk mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan bidang administrasi, mampu menyelesaikan masalah dengan menerapkan asas administrasi dan pemikiran analistis, dan dapat bekerja sama dalam tingkat lokal, nasional, regional maupun internasional

  1. Kompetensi lulusan Jurusan Administrasi Publik meliputi 3 bidang keahlian (konsentrasi) sebagai berikut :
  2. Kompetensi dalam bidang manajemen pembangunan daerah

Menguasai asas manajemen dan administrasi, mampu merencanakan pembangunan daerah, menganalisis pembangunan daerah, melaksanakan  pembangunan daerah dan mengevaluasi pembangunan daerah serta memelihara sistem baik secara unit maupun secara keseluruhan, dan kemampuan memanfaatkan teknologi komputer dan informatika untuk mengelola manajemen dan administrasi.

  1. Kompetensi dalam bidang manajemen sumber daya manusia

Menguasai secara aktip manajemen kompensasi, pengembangan SDM dan menganalisa kinerja SDM, baik sebagai unit yang terpisah maupun merupakan satu kesatuan, menguasai teknik manajemen kompensasi, analisa kinerja dan pengembangan SDM untuk kebutuhan analisis, merancang dan mengembangkan  manajemen sumber daya manusia yang effesien dalam mengolah sistem informasi  manajemen

  1. Kompetensi dalam kebijakan publik

Menguasai dalam memformulasikan kebijakan, mengimplementasikan  kebijakan, menganalisis kebijakan , dan mengevaluasi dampak kebijakan sesuai dengan tugas dan fungsi, mampu mengolah isu-isu dari suatu isu yang lain menjadi isu lain dengan ciri tertentu, mampu membentuk isu menjadi sistem yang lebih besar yang mampu melakukan pengolahan isu, menguasai asas pengendalian sistem isu yang dinamis, mampu mengoperasikan teknologi telekomunikasi dalam aneka ragam sarana komunikasi modern.

  1. Kurikulum

Terlampir dari lampiran panduan akademik jurusan administrasi publik

  1. Peta kurikulum

Lampiran

  1. Dukungan mahasiswa dalam proses pembelajaran
  2. Bimbingan kepada mahasiswa barus, bimbingan akademik pengisian KRS, bimbingan praktek organisasi dan bimbingan penyelesaian tugas akhir (skripsi)
  3. Pelaksanaan tutorial dan assistensi mata kuliah
  4. Tersedianya perpustakaan/ruang referensi, laboratorium administrasi publik, serta sistem teknologi informasi dan komputasi yang cukup ( Panduan akademik Jurusan Administrasi  Publik)
  5. Kreteria lulusan

Lulusan SMA/SMK/MAN dan lulus dalam ujian seleksi ( panduan masuk STIA Bina Banua)

  1. Metode Evaluasi dan peningkatan standar proses pembelajaran

Berdasarkan pada panduan akademik jurusan Administrasi Publik

  1. Evaluasi proses pembelajaran oleh TIM Monitoring Jaminan Mutu Jurusan Administrasi Publik
  2. Mekanisme umpan balik mahasiswa
  3. Pengembangan staf dalam bidang ilmu kemampuan mengajar
  4. Penjaminan mutu akademik internal dilakukan untuk menjamin
  5. Kepatuhan terhadap kebijakan akademik, standar akademik, peraturan akademik, serta manual mutu akademik
  6. Kepastian bahwa lulusan memiliki kompetensi sesuai dengan yang ditetapkan
  7. Kepastian bahwa setiap mahasiswa memiliki pengalaman belajar sesuai dengan program studi
  8. Relevansi antara program pendidikan, penelitian, dan pengabdian dengan tuntutan masyarakat
  9. Kreteria kelulusan
  10. Menyelesaikan beban studi minimu 145 SKS
  11. Indeks prestasi kumulatif minimum > 2
  12. Tidak ada nilai E
  13. Jumlah nilai D tidak lebih dari 0,02 % dari jumlah total SKS dan bukan mata kuliah Metode Penelitian
  14. Telah menyelesaikan penulisan skripsi dan telah lulus ujian skripsi

Metode Penilaian

  1. Metode evaluasi meliputi penilaian terhadap pekerjaan rumah, kuis, tugas-tugas, praktek beserta responsi, seminar, ujian tengah semester , ujian akhir semester dan ujian sisipan/susulan ( Ujian susulan paling lambat 1 bulan setelah UAS)
  2. Indeks prestasi dihitung berdasarkan pembobotan nilai

A            =             4              (80,00 – 100)      Sangat Memuaskan

B+         =             3,5          (75,00 – 79,99)   Memuaskan

B            =             3              (70,00 -74,99)     Memuaskan

C+         =             2,5          (65,00-69,99)      Cukup

C            =             2              (60,00-64,99)      Cukup

D+         =             1,5          (55,00-59,99)      Kurang

D            =             1              (50,00-54,99)      Kurang

E            =             0              (0,00-49,99)        Tidak Lulus

 

  1. Indikator kualitas dan standar
  2. Program studi administrasi publik terakriditasi B oleh BAN pada tahun 2000
  3. Program studi administrasi publik terakriditasi B oleh BAN pada tahun 2006
  4. Program studi administrasi publik terakriditasi B oleh BAN pada tahun 2002
  5. Program studi administrasi publik terakriditasi B oleh BAN pada tahun 2013
  6. Program studi menjalin kerjasama dengan dengan Kantor Imigrasi dalam penelitian kepuasan pengguna jasa
  7. Program studi menajalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Banjar dengan mengirim Kepala Desa untuk kuliah
  8. Bea siswa dari BUMN (Bank Tabungan Negara, Bank Mandiri)
  9. Bea siswa dari Pemerintah (Diknas) PPA, BKM, BBM
  10. Bea siswa yayasan Supersemar

 

                                        KOMPETENSI LULUSAN PROGRAM STUDI ADMINISTRASI PUBLIK

  1. Pengetahuan dan pemahaman ( Konowledge and Understanding)
  2. Mengerti dan memahami sain dasar dan statistik
  3. Mengerti dan memahami asas manajemen dan administrasi, mampu merencanakan pembangunan daerah, menganalisis pembangunan daerah, melaksanakan  pembangunan daerah dan mengevaluasi pembangunan daerah serta memelihara sistem baik secara unit maupun secara keseluruhan, dan kemampuan memanfaatkan teknologi komputer dan informatika untuk mengelola manajemen dan administrasi.
  4. Menguasai secara aktip manajemen pelayanan publik, mempunyai prilaku prima dalam pelayanan publik, dan mampu menganlisis kepuasan masyarakat, baik sebagai unit yang terpisah maupun merupakan satu kesatuan, menguasai teknik manajemen kompensasi, analisa kinerja dan pengembangan SDM untuk kebutuhan analisis, merancang dan mengembangkan  manajemen sumber daya manusia yang effesien dalam mengolah sistem informasi manajemen sumber daya manusia
  5. Menguasai dalam manajemen pembangunan desa, melakukan administrasi desa, dan melaksmenakan pembangunan desa, sesuai dengan tugas dan fungsi, mampu mengolah isu-isu dari suatu isu yang lain menjadi isu lain dengan ciri tertentu, mampu membentuk isu menjadi sistem yang lebih besar yang mampu melakukan pengolahan isu, menguasai asas pengendalian sistem isu yang dinamis, mampu mengoperasikan teknologi telekomunikasi dalam aneka ragam sarana komunikasi modern.

 

  1. Keterampilan intelektual (intellectual Skill)
  2. Menguasai penerapan sain dasar (statistik)
  3. Menguasai perencanaan dan pelaksanaan serta interprestasi bidang administrasi publik
  4. Menguasai perencanaan sistem (Pembangunan daerah, pelayanan publik) sesuai dengan kebutuhan bidang administrasi publik
  5. Menguasai cara mengidentifikasi, merumuskan dan menyelesaikan persoalan-persoalan administrasi publik
  6. Keterampilan praktis ( Practical Skill)
  7. Menguasai asas manajemen dan administrasi, mampu merencanakan pembangunan daerah, menganalisis pembangunan daerah, melaksanakan pembangunan daerah dan mengevaluasi pembangunan daerah serta memelihara sistem baik secara unit maupun secara keseluruhan, dan kemampuan memanfaatkan teknologi komputer dan informatika untuk mengelola manajemen dan administrasi.
  8. Menguasai secara aktip manajemen pelayanan publik, mempunyai prilaku prima dalam pelayanan publik, dan mampu menganlisis kepuasan masyarakat, baik sebagai unit yang terpisah maupun merupakan satu kesatuan, menguasai teknik manajemen kompensasi, analisa kinerja dan pengembangan SDM untuk kebutuhan analisis, merancang dan mengembangkan  manajemen sumber daya manusia yang effesien dalam mengolah sistem informasi manajemen sumber daya manusia.
  9. Menguasai dalam pembangunan desa, melakukan administrasi desa, dan melaksanakan pembangunan desa, sesuai dengan tugas dan fungsi, mampu mengolah isu-isu dari suatu isu yang lain menjadi isu lain dengan ciri tertentu, mampu membentuk isu menjadi sistem yang lebih besar yang mampu melakukan pengolahan isu, menguasai asas pengendalian sistem isu yang dinamis, mampu mengoperasikan teknologi telekomunikasi dalam aneka ragam sarana komunikasi modern.
  10. Menguasai metode probabilitas dan statistic serta penerapannya dalam administrasi publik
  11. Keterampilan Managerial dan sikap ( Managerial Skill and attitude )
  12. Menjunjung tinggi norma, tata nilai, moral, agama, etika dan tanggungjawab professional
  13. Mampu berkomuniikasi secara aktif
  14. Mengerti dampak penyelesaian aministrasi publik dalam konteks masyarakat baik lokal, regional maupun nasional

Mengerti isu-isu administrasi Negara kontemporer

  1. Mampu memanfaatkan dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi ( information and communication technology, ITC)
  2. Mampu mengembangkan diri dan mampu berfikir secara logis dan analistis untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi secara professional
  3. Mampu bekerjasama dan menyesuaikan diri dengan cepat di lingkungan kerja

Catatan

  1. Kompetensi untuk lulusan program studi administrasi public meliputi kompetensi-kompetensi : A1, A2, A3, A4, B1, B2, B3, B4, C4,C5,D1, D2, D3, D4, D5, D6 dan D7.
  2. Kompetensi lulusan konsentrasi manajemen pembangunan daerah meliputi seluruh kompetensi item 1  di tambah C1
  3. Kompetensi lulusan konsentrasi manajemen sumber daya manusia meliputi seluruh kompetensi item 1  di tambah C2
  4. Kompetensi lulusan konsentrasi kebijakan publik meliputi seluruh kompetensi item 1  di tambah C

 

PETA KURIKULUM

Kaitan Mata kuliah dengan Kompetensi Program studi Administrasi Publik

 

No Mata Kuliah K  O  M  P  T  E  N  S  I
A1 A2 A3 A4 B1 B2 B3 B4 C1 C2 C3 C4 C5 D1 D2 D3 D4 D5 D6 D7
SEMESTER   I
1 Pancasila & Kewarganegaraan v
2 Bahasa inggris  I v v
3 Pengantar Ilmu Adm & Manajemen v v
4 Komputer I v v v
5 Pengantar ilmu ekonomi v
6 Pengantar ilmu adm publik v
7 Filsafat ilmu v
8 Bahasa Indonesia v
SEMESTER  II
1 Pengantar Ilmu Politik v
2 Pemberdayaan Masyarakat v v
3 Bahasa Inggris  II v
4 Sistem Hukum Indonesia v
5 Sistem Ekonomi Indonesia v
6 Pendidikan Agama v
7 Antrpologi Sosbud Indonesia v
8 Aplikasi Komputer  II v v
9 Ilmu Alamiah dasar v
SEMESTER  III
1 Statistik v
2 Organisasi dan Manajemen v v v
3 MSDM 3 v
4 Perencanaan Pembangunan v v v v
5 Manajemen Pariwisata v v
6 Manajemen Koperasi v
7 Kebijakan Publik v v v v
SEMESTER  IV
1 Administrasi Keuangan v v
2 Administrasi Pembangunan v v v
3 Ilmu Perb. Adm. Publik v
4 Sistem Politik Indonesia v
5 Kepemimpinan v
6 Metode Penelitian v
7 Sistem Informasi Manajemen v
8 Manajemen BUMD v
SEMESTER  V a b c d
1 Otonomi Daerah
2 Administrasi Pemerintahan Desa v v
3 Manajemen Pertumbuhan Wilayah v v
4 Manajemen Aset Daerah v v
5 Prilaku & startegi Pelayanan Prima v
6 Manajemen Kompensasi v
7 Adm. Pajak dan retribusi v
8 Teori dan Prilaku Organisasi v
9 Implementasi Kebijakan Publik
10 Manajemen Kinerja SDM v
11 v
SEMESTER  VI
1 Manajemen Pelayanan Publik v
2 Manaj perub & pengemb. Organisasi v
3 Reformasi Administrasi v
4 Komunikasi Organisasi v
5 Implementasi Kebijakan Publik V
6 Manajemen Pembangunan Daerah V
7 Adm. Pendapatan Daerah V
8 An. Kinerja Sumber daya Manusia V
9 Pengembangan SDM V
10 Pengukuran Kepuasan Masyarakat V
11 Teori Birokrasi & Etika Adm Publik V
SEMESTER VII   b c d
1 Seminar
2 Praktek Kerja Organisasi V V
3 Skripsi V V V V
KONSENTRASI MANAJEMEN PEMBANGUNAN DESA
1 Administrasi  Pemerintahan Desa V
2 Pembangunan Desa V
3 Pembangunan Daerah V
KONSENTRASI MANAJEMEN PELAYANAN PUBLIK
1 Manaemen Pelayanan Publik V
2 Prilaku Pelayanan Prima V
3 Pengukuran Kepuasan Masyarakat V
KONSENTRASI KEBIJAKAN PUBLIK
1 Implementasi Kebijakan Publik V
2 Evaluasi Dampak Kebijakan Publik V
3 Formulasi Kebijakan Publik V
KONSENTRASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA
1 Manajemen Kompensasi V
2 Pengembangan SDM V
3 Manajemen kinerja SDM V

 

 

 

Program studi Administrasi Publik

NO NAMA DOSEN NIDN Mata Kuliah Sertifikasi Mata kuliah SK Jabatan fungsional Jabatan Funsional Tempat Tgl Lahir No Sertifikasi
1 Ade Hermawan. S.Sos. MAP 0013106901 Adm Negara Birokrasi & etika Adm Negara Lektor Kepala Jakarta. 13 Oktober 1969
2 H. Bakhtiar. S.Sos. MAP 1108096702 Adm Negara Organisasi dan manajemen

Komunikasi organisasi

Pemerintah daerah

Ass isten Ahli Batola, 8 September 1967 15111300209832
3 Irawanto. S.Sos. M.Si. 0008116701 Adm negara Sistem Informasi Manajemen

Kebijakan publik

Sistem politik indonesia

Lektor Kepala Kep Riau, 11 Agustus 1967
4 Drs. Muhammad Jamili, MAP 1104086201 Adm Negara Ilmu adm dan manajemen

Organisasi dan manajemen

Manajemen  pemb daerah

Lektor Angkinang HSS 4 Agustus 1962
5 Drs. Muhammad Akbar, M.Si 002076702 Ilmu administrasi Administrasi Pembangunan

Ilmu alamiah dasar

Administrasi perpajakan

Lektor Kepala 7 Pebuari 1967 11111300207636
6 Drs. H. Rizalul Gadi. MAP 0002026001 Adm negara Pembangunan kelembagaan

Perencanaan pembangunan

Pengantar sosiologi

Lektor Kepala Rantau, 27 Pebuari 1960 08377046141
7 Drs. Singgih Priono. M.Si 1118126101 Ilmu administrasi Ilmu Politik

 

Lektor Kepala Bintahan 18 Desember 1961 111113002105012
8 Drs. H. Arifin Zainuddin, MAP 1104024601 Administrasi Negara Lektor Barabai, 2 April 1946

 

 

 

 

 

Previous Post

Profil STIA BINA BANUA Banjarmasin

Next Post

Manajemen